Switch dan Hub adalah dua perangkat penting dalam dunia jaringan komputer. Kedua perangkat ini yang sering digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan lokal (LAN). Meskipun keduanya memiliki tugas yang sama, yaitu menghubungkan perangkat, namun ada perbedaan penting antara keduanya yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan Anda. Mari kita bahas perbedaan antara Switch dan Hub dengan lebih sederhana.

1. Hub:

  • Ibaratnya Pusat Pengumuman: Bayangkan hub seperti sekolah yang memanggil semua siswa untuk mendengarkan pengumuman. Ketika satu perangkat mengirim data ke hub, hub akan meneruskannya ke semua perangkat lain di jaringan, tanpa memedulikan apakah perangkat tersebut perlu atau tidak.
  • Tidak Pintar: Hub tidak terlalu cerdas. Itu hanya meneruskan data tanpa memikirkan alamat atau tujuan data itu.
  • Ramai Lalu Lintas: Semua perangkat di jaringan akan menerima data yang sama, yang dapat memenuhi jaringan dengan lalu lintas yang tidak perlu. Bayangkan berdiri di tengah kerumunan orang yang berbicara tanpa henti!

2. Switch:

  • Tukang Pengantaran Tepat: Berbeda dengan hub, switch seperti penjaga lalu lintas yang pintar. Saat satu perangkat mengirim data, switch akan melihat alamat tujuan data tersebut dan hanya mengirimkannya ke perangkat yang dituju, seperti mengirimkan pesan hanya kepada teman Anda, bukan kepada seluruh kelas.
  • Lebih Efisien: Dengan hanya mengirim data ke perangkat yang benar-benar membutuhkannya, switch membantu mengurangi kebisingan dan kemacetan di jaringan Anda. Ini seperti memastikan setiap pesan Anda sampai ke tujuannya dengan cepat dan tepat.
  • Pintar Mengamankan Jaringan: Switch memisahkan lalu lintas data, memastikan bahwa setiap perangkat hanya menerima data yang seharusnya mereka terima. Ini seperti memiliki ruangan pribadi untuk berbicara dengan teman Anda, tanpa orang lain yang mendengarkan.

Pilihlah yang Tepat untuk Anda:

Jika anda masih bingung antara switch dan hub, ingatlah perbedaan ini::

  • Hub: Beroperasi pada Layer 1 (OSI Layer), meneruskan data ke semua perangkat tanpa filtering, memiliki kinerja terbatas, dan memiliki keamanan yang terbatas.
  • Switch: Beroperasi pada Layer 2 (OSI Layer), meneruskan data berdasarkan MAC Address, memiliki kinerja lebih baik, dan menyediakan keamanan yang lebih tinggi.

Atau dengan kata lain perangkat Switch merupakan bentuk pengembangan yang lebih baik dari perangkat Hub.

Kesimpulan

Dengan memahami perbedaan sederhana antara switch dan hub, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik saat memilih perangkat untuk jaringan Anda. Adapun saat ini kebanyakan perangkat yang beredar dipasaran merupakan perangkat Switch, hal ini dikarenakan secara harga untuk perangkat switch yang beredar dipasaran ada yang dibawah 100 ribu rupiah.

Cari perangkat switch untuk kebutuhan jaringan di kantor, rumah, kafe anda, SMC-Smartcomputindo jawabannya. Kami memiliki beragam switch dengan harga murah hingga perangkat switch untuk kebutuhan kantor yang punya banyak fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *